rss_feed

Desa Rensing Bat

Jln TGH. Muh. Padil Rensing Bat Sakra Barat - Lotim
Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat
Kode Pos 83671

mail_outline rensingbatdesa@gmail.com

  • MUHAMMAD HILMI, SE

    Kepala

    Belum Rekam Kehadiran
  • HADIANTO, S.PD

    Sekretaris Desa

    Belum Rekam Kehadiran
  • M. KAZWAINI SEPTIAWAN

    Kasi Pemerintahan

    Belum Rekam Kehadiran
  • AHYANUDDIN, S.PD

    kasi Kesra

    Belum Rekam Kehadiran
  • IBRAHIM ARIFIN

    Kasi Pelayanan

    Belum Rekam Kehadiran
  • MUHAMMAD KHAIRI

    Kaur Perencanaan

    Belum Rekam Kehadiran
  • FITRIAH PADLI, S.Kom

    Kaur ADM dan Umum

    Belum Rekam Kehadiran
  • DEDI HASRI RAHMAN, SE

    Kaur Keuangan

    Belum Rekam Kehadiran
  • MUHAMMAD YASIN, S.AG

    Kawil Rensing Bat

    Belum Rekam Kehadiran
  • MOH. ALI MASHRI, S.PD.I

    Kawil Lepok

    Belum Rekam Kehadiran
  • BADARUDIN, S.PD.I

    Kawil Timuk Rurung

    Belum Rekam Kehadiran
  • MUH ALI HASBY, S.Pd

    Kawil Tibu Jae

    Belum Rekam Kehadiran
  • KHAIRUL AMRI

    Kawil Tembok Gading

    Belum Rekam Kehadiran
  • NUR HIKMAH, S.SOS

    Staf Kesra

    Belum Rekam Kehadiran

settings Pengaturan Layar

SELAMAT DATANG DI SISTEM INFORMASI DESA RENSING BAT KECAMATAN SAKRA BARAT KABUPATEN LOMBOK TIMUR, KAMI BERHARAP DENGAN HADIRNYA SISTEM INFORMASI DESA INI, PEMERINTAH DESA RENSING BAT BISA TERUS MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DAN SEBAGAI UPAYA KAMI MEWUJUDKAN KETERBUKAAN INFORMASI BAGI WARGA DESA RENSING BAT SESUAI AMANAH UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA. SILAHKAN GUNAKAN KOTAK LAYANAN MANDIRI UNTUK MEMBUAT SENDIRI SURAT YANG ANDA BUTUHKAN. CARI KOTAK LAYANAN MANDIRI DI SEBELAH KANAN LAYAR KOMPUTER ANDA, SEBELUMNYA SILAHKAN MINTA KODE PIN ANDA DI OPERATOR DESA. TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE WEBSITE RESMI SISTEM INFORMASI DESA RENSING BAT, SEMOGA KITA DIBERIKAN KESEHATAN DAN KEAFIATAN OLEH ALLAH S.W.T. AMIN YAROBBAL ALAMIN
fingerprint
POCONG SAKTI, Inovasi Pelaporan Online & Pencatatan Sipil Orang yang Sudah Dikubur Mati

05 Ags 2021 01:32:24 108 Kali

rensingbat.desa.id - Dikutip dari Website Resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur Kamis, 04/08/2021. Kematian atau mortalitas merupakan salah satu dari tiga komponen proses demografi yang berpengaruh terhadap struktur penduduk. Dua komponen lainnya adalah kelahiran (fertilitas), dan mobilitas (pindah-datang) penduduk. Tinggi rendahnya mortalitas penduduk atau lazimnya disebut sebagai kematian yang terjadi di suatu daerah tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan penduduk, tetapi juga merupakan barometer dari tinggi rendahnya tingkat kesehatan masyarakat yang berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat.

Jenazah semasa hidupnya di dunia merupakan makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga rentan dengan masalah penyelenggaraan hukum di dunia, baik hukum negara, hukum perdata, hukum agama bahkan hukum adat. Kematian merupakan persoalan yang cukup pelik dalam Administrasi Kependudukan. Kematian seseorang merupakan peristiwa hukum yang bukan perbuatan subjek hukum akan tetapi akibatnya diatur oleh hukum. Dampak hukum yang timbul dari kematian seseorang adalah penentuan ahli waris, pembagian harta peninggalan dan perwalian. Untuk adanya tertib hukum guna melindungi hak-hak dan kewajiban ahli waris dan harta kekayaan yang ditinggalkan pewaris diperlukan regulasi mengenai peristiwa kematian tersebut.

Pelaporan mengenai peristiwa kematian seseorang sangat diperlukan untuk pemeliharaan data kependudukan, sehingga data yang tersaji merupakan data yang faktual dan akurat. Tetapi kenyataan menunjukkan hal yang berbeda, akibat tidak terekamnya data kependudukan yang berkaitan dengan kematian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, menjadi kendala dalam validitas penentuan Data Pemilih Tetap (DPT) pemilu, termasuk juga dalam program peningkatan kesejahteraan dan bantuan sosial, seperti halnya, program penanggulangan krisis ekonomi dan jaring pengaman sosial.

Beberapa program social pemerintah seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Langsung Masyarakat Sementara (BLSM) dan pembagian beras miskin (Raskin) dan lainnya cenderung seringkali kurang tepat sasaran, karena subjek penerima program bantuan tidak faktual, akibat masih menggunakan data kependudukan lama atau yang telah kadaluarsa. Permasalahan pencatatan kematian ini membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur melakukan inovasi pelayanan yang disebut BAKSO (Buat Administrasi Kependudukan Secara Online). Melalui aplikasi BAKSO, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur telah berupaya membuat masyarakat merasa nyaman dalam melaporkan kematian keluarga, tetangga dan temannya secara online melalui website.

Tuntutan masyarakat ditingkat desa yang beragam dan haus akan kemudahan, membuat penulis berinisiatif untuk memberikan sarana pelaporan data kependudukan (khusus data kematian) berupa media yang aman, mudah dan murah untuk melengkapi pelaporan kematian selain dari aplikasi BAKSO untuk menunjang Aplikasi BAKSO jika mengalami kendala teknis sewatu-waktu. Penulis sadari bahwa BAKSO memiliki sejarahnya dan prestasinya sendiri, namun untuk kenyamanan dan ragam pilihan pelayanan kepada masyarakat serta kemudahan dalam pelaporan kematian, maka POCONG SAKTI hadir untuk memberikan layanan pelaporan dan pencatatan kematian bagi masyarakat Kabupaten Lombok Timur. Hal ini sesuai dengan amanat Inpres No. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government bahwa pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan yang baik dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas layanan publik.

POCONG SAKTI adalah singkatan dari Pelaporan Online dan Pencatatan Sipil Orang yang Sudah dikubur Mati. POCONG SAKTI merupakan bagian dari mekanisme pelayanan administrasi kependudukan dengan spesifikasi kerja menghimpun laporan dan melakukan pencatatan kematian dari masyarakat secara daring melalui media sosial elektronik yaitu “whats apps”.

Melalui aplikasi WhatsApps, masyarakat dipermudah dalam proses pelaporan kematian yaitu dengan mengurangi syarat berkas yang diajukan masyarakat tanpa menyalahi aturan perundang-undangan yang berkaitan dengan laporan kematian. Syarat yang dimaksud ialah melaporkan kematian dengan modal mengirimkan foto Kartu Keluarga (KK) yang telah dilingkari nomor NIK dan menuliskan tempat/tanggal/waktu meninggal jenazah serta email aktif pihak keluarga atau pelapor, jika tidak ada maka bisa menggunakan email desa. Adapun untuk surat keterangan kematian dari desa (desa percontohan) perlu adanya komunikasi dan kerjasama dengan desa tersebut. Peluang dan kemudahan semacam inilah yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan capaian pelaporan kematian yang berdampak pada meningkatnya kepemilikan akta kematian, sehingga pelayanan pencatatan sipil yang membahagiakan dapat terwujud dengan baik. Adapun data kematian terbaru yang terekam dalam data-base Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur ialah sebagai berikut:

Tabel 1.1 Laporan Bulanan Pencatatan Kematian Kabupaten Lombok Timur

No.

Kecamatan

Tahun Berjalan (Bulan Juni)

Jumlah Kematian yang Dilaporkan

Jumlah Akta Kematian

1

Keruak

8

2

2

Sakra

19

22

3

Terara

21

21

4

Sikur

22

17

5

Masbagik

45

47

6

Sukamulia

37

36

7

Selong

76

74

8

Pringgabaya

63

64

9

Aikmel

24

23

10

Sambelia

6

1

11

Montong Gading

3

2

12

Pringgasela

38

39

13

Suralaga

22

24

14

Wanasaba

14

12

15

Sembalun

6

0

16

Suela

2

4

17

Labuhan Haji

8

8

18

Sakra Timur

13

13

19

Sakra Barat

8

7

20

Jerowaru

3

1

21

Lenek

1

1

Total

439

418

           

Dari data diatas dapat diketahui bahwa jumlah total pelaporan ialah 439 laporan dan jumlah akta kematian yang dicetak ialah 418 akta. Hasil akhir dari data tersebut menggambarkan bahwa terdapat 21 laporan yang tidak diproses akta kematiannya. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat tentang syarat-syarat dan alur pembuatan akta kematian.

Berbicara masalah akta kematian, tidak lepas dari makna akta itu sendiri. Akta adalah suatu tulisan yang dibuat dengan sengaja untuk dijadikan bukti tentang suatu peristiwa dan ditandatangani pihak yang membuatnya. Ada dua jenis akta yang wajib dipenuhi oleh penduduk pada saat pertama kali hadir di dunia dan saat terakhir kali dia berada di dunia (meninggal), yaitu akta kelahiran dan akta kematian. Akta kematian adalah sebagai pembuktian kematian seseorang.

Beberapa manfaat Akta kematian adalah sebagai berikut :

  1. Persyaratan pembagian warisan (asset berupa tanah, rumah, kendaraan, tabungan, dll) bagi isteri atau suami maupun anak yang ditinggalkan. Bagi janda atau duda yang ditinggalkan pasangannya,
  2. akta kematian sangat berguna sebagai syarat untuk melakukan pernikahan kembali (penetapan status janda/duda).
  3. Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), akta kematian menjadi syarat untuk mengurus pensiun bagi ahli waris, persyaratan pengambilan uang duka (santunan kematian), tunjangan kecelakaan, pengurusan taspen, ansuransi, perbankan dan administrasi lainnya.
  4. Secara umum bagi ummat muslim khususnya di Kabupaten Lombok Timur, akta kematian sangat membantu proses penggantian/pertukaran haji, pengambilan dana haji maupun penarikan dana umroh bagi anggota keluarga yang salah satu dari mereka telah menyetorkan ONH perjalanan haji maupun penyetoran dana umroh, namun ditengah-tengah penantiannya terjadi musibah (kematian).
  5. Bagi Pemerintah, adanya akta kematian memberikan peluang yang baik untuk diperolehnya statistik peristiwa yang dapat digunakan untuk kepentingan pemantauan penyebab kematian, umur harapan hidup, riwayat kesehatan, sebagai pertimbangan dalam perencanaan pembangunan kependudukan dan penetapan kebijakan pembangunan lainnya.
  6. Meminimalisir kasus lainnya yang berhubungan dengan sengketa PEMILU (Pemilihan Umum). Sengketa ini sebagian besar berawal dari tidak valid dan tidak akuratnya data kependudukan yang salah satu penyebab utamanya ialah tidak dilaporkannya peristiwa kematian sehingga penduduk yang sudah meninggal dunia masih tercantum dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap), begitu juga dengan proses pindah-datang penduduk yang tidak dilaporkan secara jelas akan berakibat pada permainan data oleh orang-orang yang berkepentingan dalam proses pemenangan pasangan calon tertentu.
  7. Adapun kendala lainnya yang terjadi jika pelaporan kematian tidak dilakukan ialah munculnya ketidakseimbangan (ketimpangan) antara data kematian dengan data kelahiran yang menyebabkan terhambatnya entry data kematian dalam SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kendudukan). Hal ini tentu akan mengakibatkan terhambatnya kepemilikan akta kematian bagi penduduk di Kabupaten Lombok Timur.

Hadirnya POCONG SAKTI diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi penulis dalam melaksanakan peran dan fungsinya sebagai calon ASN di instansi Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan mengenai stelsell aktif yang menekankan pada peran aktif pemerintah dalam melaporkan kematian penduduk, maka hasil akhir dari kegiatan ini ialah POCONG SAKTI sebagai sebuah proyek pelaporan juga sebagai sebuah team pelaporan dan pencatatan kematian, diharapkan mampu membangun peran aktif bukan hanya dari sisi pemerintah saja, namun juga peran masyarakat karena setiap individu yang menjadi warga Negara Indonesia berperan penting dalam proses pembangunan bangsa dan negaranya. Sehingga POCONG SAKTI mendapatkan tempat di hati masyarakat Kabupaten Lombok Timur dengan banyaknya masyarakat maupun pihak desa dan instansi terkait secara aktif baik individu maupun kolektif melaporkan kematian keluarga, sanak saudara, tetangga maupun kerabatnya untuk mendapatkan akta kematian yang fungsi dan manfaatnya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat lainnya.

Dari semua uraian permasalahan pendataan kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur, dapat dirumuskan tujuan sebagai berikut:

  1. Mengoptimalkan kuantitas dan kualitas layanan administrasi kependudukan yang aman, murah dan mudah melalui penggunaan mode POCONG SAKTI (Pelaporan Online dan Pencatatan Sipil Orang yang Sudah Dikubur Mati);
  2. Mengoptimalkan kesadaran masyarakat, pemerintah desa dan pihak terkait lainnya akan pentingnya akta kematian;
  3. Memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menerima pelayanan publik.

Sumber, https://dukcapil.lomboktimurkab.go.id/baca-berita-248-pocong-sakti-dukcapil-lotim-pelaporan-online-dan-pencatatan-sipil-orang-yang-sudah-dikubur-mati.html

chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

account_circle Aparatur Desa

reorder Peta Desa

Alamat : Jln TGH. Muh. Padil Rensing Bat Sakra Barat - Lotim
Desa : Rensing Bat
Kecamatan : Sakra Barat
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83671
Telepon :
Email : rensingbatdesa@gmail.com

map Wilayah Desa

message Komentar Terkini

  • person Zulmardi

    date_range 25 Juli 2022 06:27:12

    Bagaimana cara mengecek dana desa secara onlane [...]
  • person Anja Kusuma

    date_range 20 Juni 2022 07:07:19

    Mantap... kapan-kapan kita bisa singgah untuk lihat [...]
  • person rosdiana

    date_range 13 Juni 2022 12:55:16

    bagusan kadu kamera pak admin biar keliatan dgn jelas [...]
  • person Tukang Cek

    date_range 14 Maret 2022 23:23:21

    Apakah tidak berbahaya atau tidak akan disalahgunakan [...]
  • person bella

    date_range 08 Januari 2022 22:34:33

    pak apakah di kota juga ada dana seperti ini? <a [...]
  • person Pepen

    date_range 03 Januari 2022 22:32:19

    Brpa biaya pembuatan nrpd [...]
  • person Casdirah

    date_range 30 Desember 2021 21:26:27

    Desa ku desa mu [...]
  • person Humaiyah

    date_range 14 Desember 2021 06:19:16

    Kenapa diDtks tercantum di desa masih belom cair [...]
  • person sangkala

    date_range 08 Desember 2021 08:12:22

    Admin kenapa websaid sid.kemendesa.go.id, tidak bisa [...]
  • person EFORI HALAWA

    date_range 05 Desember 2021 21:56:41

    Saya sangat setuju dengan usulan teman-teman seperjuangan, [...]

folder Arsip Artikel


assessment Statistik Desa

reorder Video Profil Desa

contacts Info Media Sosial

reorder Facebook Desa

share Sinergi Program

insert_photo Album Galeri

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:162
Kemarin:693
Total Pengunjung:345.297
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.236.225.157
Browser:Tidak ditemukan

work Jam Kerja

Hari Mulai Selesai
Senin
07:30:00 16:00:00
Selasa
07:30:00 16:00:00
Rabu
07:30:00 16:00:00
Kamis
07:30:00 16:00:00
Jumat
07:30:00 16:00:00
Sabtu
Libur
Minggu
Libur
TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDes 2022 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 1,257,281,383 | Rp. 1,257,281,383
100 %
BELANJA
Rp. 1,257,281,383 | Rp. 1,257,281,383
100 %
insert_chart
APBDes 2022 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Hasil Usaha Desa
Rp. 2,600,000 | Rp. 2,600,000
100 %
Lain-Lain Pendapatan Asli Desa
Rp. 13,200,000 | Rp. 13,200,000
100 %
Dana Desa
Rp. 759,356,000 | Rp. 759,356,000
100 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 44,310,443 | Rp. 44,310,443
100 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 437,814,940 | Rp. 437,814,940
100 %
insert_chart
APBDes 2022 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 514,429,383 | Rp. 514,429,383
100 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 219,214,000 | Rp. 219,214,000
100 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 4,000,000 | Rp. 4,000,000
100 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 152,638,000 | Rp. 152,638,000
100 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 367,000,000 | Rp. 367,000,000
100 %