www.rensingbat.desa.id _Di artikel sebelumnya yang berjudul "Layanan Mandiri Permudah Urusan anda Dengan Kantor Desa di Musim Pandemi Covid-19" telah kami informasikan yang mana pada artikel tersebut sudah di jelaskan cara menggunakan layanan mandiri, namun kami tidak menjelaskan secara rinci cara penggunaan setiap fitur yang ada.
Di artikel kali ini kami akan menjelaskan dengan rinci cara menggunakannya, namun sebelumnya kami akan jelaskan sedikit maksud dan tujuan kami sosialisasikan layanan ini.
Penggunaan Layanan ini sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona semakin meluas, Pemerintah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur telah menyediakan kemudahan kepada masyarakat yang ingin mengajukan permohonan surat keterangan yang dilakukan secara online dari rumah melalui Widget Layanan Mandiri pada subdomain Website / Situs Resmi Pemerintah Desa Rensing Bat di https://rensingbat.desa.id/index.php/first
Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran Virus Corona dan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui teknologi Informatika. ini dilakukan guna menghindari kerumunan di kantor desa, jadi dihimbau kepada masyarakat pengguna Smarphone / komputer dan telah terkoneksi internet agar memanfaatkan fitur Layanan Mandiri pada Widget Website Resmi Pemerintah Desa untuk melakukan layanan secara online seperti pembuatan surat secara mandiri di https://rensingbat.desa.id/index.php/first
Bagi masyarakat Desa Rensing Bat yang belum mempunyai Kode PIN sebagai Syarat login/masuk pada Layanan Mandiri, silahkan menghubungi Operator Desa di Nomor Handphone / WhatsAapp 087758488407 untuk pengambilan Kode PIN.
Layanan Mandiri adalah sebuah layanan yang dapat dinikmati oleh warga masyarakat khususnya warga masyarakat Desa Rensing Bat untuk mendapatkan layanan ataupun mengirim pesan kepada pemerintah desa tanpa harus datang ke kantor desa.
Adapun beberapa fitur yang terdapat di Widget Layanan Mandiri yaitu :
- Cetak salinan Kartu Keluarga
- Profil / Biodata
- Kotak Pesan
- Permohonan surat
- Program Bantuan
Tata Cara Login / masuk pada fitur Layanan Mandiri Pada Website Desa Rensing Bat adalah sebagai berikut :
- Buka Browser Chrome, Mozilla Firefox atau Browser lainnya
- Ketik pada URL Browser https://rensingbat.desa.id kemudian klik Enter / masuk
- Setelah Masuk pada Website Sistetem Informasi Desa Rensing Bat pada widget sebelah kanan Layanan Mandiri silahkan masukkan nomor NIK dan kode PIN
- Kemudian setelah masuk pada Layanan Mandiri, masyarakat Desa Rensing Bat atau Pengguna Layanan Mandiri bisa memanfaatkan Tombol-tombol Fitur yang ada di Layanan Mandiri yaitu :
a. Tombol cetak kartu keluarga
Pada Tombol Cetak Kartu Keluarga ini Pengguna Layanan Mandiri bisa melihat dan mengecek bahkan bisa mencetak / print sendiri salinan Kartu Keluarga yang sudah ada di Database OpenSID Desa Rensing Bat.
b. Tombol Profil
Pada Tombol Profile ini pengguna Layanan Mandiri bisa mengecek Biodata / Indentitas Diri Lengkap, kemudian bisa mencetak / print Biodata tersebut.
c. Tombol Kotak Pesan
Pada Tombol Kotak Pesan ini memudahkan Pengguna Layanan Mandiri untuk berkomunikasi dengan Operator Desa SID ketika ada yang ingin ditanyakan atau ada hal-hal yang perlu ingin diketahui oleh Pengguna Layanan Mandiri dengan cara Klik Tombol Kotak Pesan kemudian pada tampilan sebelah kanan Tulis Pesan setelah mengisi form-form yang tersedia kemudian Klik Tombol Kirim.
Kemudian setelah mengklik Tombol Kirim Pengguna Layanan Mandiri bisa mengecek Kotak Masuk dan Kotak Keluar apakah Pesan yang dikirim sudah diterima ataupun balasan pesan yang dikirim sudah di terima oleh Operator Desa SID
d. Tombol Permohonan Surat
Pada Tombol Permohonan Surat ini memudahkan Pengguna Layanan Mandiri untuk bisa mengajukan Surat Keterangan atau Surat Lainnya kepada Operator SID dengan cara sebagai berikut :
- Klik Tombol Permohonan Surat Sebelah kiri form Layanan Mandiri
- Kemudian sebelah kanan Layanan Permohonan Surat Isi Jenis Surat yang akan diajukan, ketik Keterangan Tambahan dan Nomor HP aktif
- Selanjutnya Klik Tambah Dokumen pada Dokumen / Kelengkapan Penduduk yang Tersedia
- setelah Isi Dokumen Melengkapi Syarat pada Dokumen / Kelengkapan Penduduk yang dibutuhkan
- Kemudian Klik Tombol Isi Form sebelah kanan bawah
- Setelah mengklik Tombol Isi Form sebagaimana yang dimaksud point diatas, kemudian akan diarahkan ke form pengisian data selanjutnya
- Data Pemohon akan terisi otomatis sesuai dengan Pengguna Layanan Mandiri
- Setelah itu Klik Tombol Kirim
e. Tombol Riwayat Layanan/Status Permohonan Surat
Pada Tombol Riwayat Layanan/Status Permohonan Surat ini Pengguna Layanan Mandiri :
- Bisa mengecek Daftar Surat apa saja yang pernah diajukan atau dimohon oleh Pengguna Layanan Mandiri
Pengguna Layanan Mandiri juga bisa memeriksa apakah Surat Permohonan yang diajukan sudah diterima dan diperiksa oleh Operator Desa SID atau Surat Permohonan yang diajukan sudah dicetak dan siap diambil. Kalau statusnya sudah siap diambil itu artinya Operator Desa SID sudah mencetak Surat Permohonan yang sudah diajukan.
f. Tombol Program Bantuan
Pada Tombol Program Bantuan ini Pengguna Layanan Mandiri bisa memeriksa apakah Pengguna Layanan Mandiri tersebut memperoleh bantuan seperti PKH, BPNT, KIS dan bantuan lainnya.
Semoga Panduan ini bisa bermanfa’at dan memberikan kemudahan kepada seluruh warga desa Rensing Bat dalam mengurus keperluan terutama dalam hal surat menyurat. Terimakasih.